daftar iklan mgid

Nama Orang Bali

nama orang bali

Kalau punya teman yang bernama Wayan, Ketut, Made, Gedhe Bagus, dll, pastinya kita tahu mereka berasal dari Bali. Karena nama orang Bali memiliki keunikan tersendiri berdasarkan tingkatan status.

Kanal Pengetahuan. Nama orang Bali memiliki aturan yang harus dipenuhi dan menjadikan sebuah identitas khas budaya masyarakat Bali. Bagi masyarakat Bali, pemberian nama kepada seseorang tidak boleh asal pilih karena mengikuti aturan budaya yang telah ada semenjak dahulu.

Nama Orang Bali Kasta Brahmana

Kasta Brahmana merupakan golongan para ahli agama dan ilmu pengetahuan. Golongan ini paling dihormati dan biasanya (dahulu) menjadi penasehat raja.

Nama Orang Bali Kasta Ksatria

Kasta Kesatria merupakan golongan ningrat yaitu raja dan pembesar kerajaan. Golongan inilah yang memegang kekuasaan dan menjalankan pemerintahan. Kasta Ksatria dan keturunannya mendapat gelar Anak Agung (untuk laki-laki) dan Anak Agung Ayu atau Anak Agung Istri (untuk perempuan).

See also:  Perlunya Mengetahui Sejarah SEO

Nama Orang Bali Kasta Wesya

Kasta Wesya merupakan kasta dari masyarakat yang memiliki profesi sebagai pengusaha, prajurit atau  kelompok pekerja yang menghasilkan keperluan semua golongan. Kasta Wesya mendapat gelar Gusti Bagus (untuk laki-laki) dan Gusti Ayu (untuk perempuan)

Nama Orang Bali Kasta Sudra

Kasta Sudra merupakan masyarakat aria dan berkedudukan sebagai rakyat biasa. Kasta yang terakhir di budaya Bali ini tidak memiliki gelar hanya memiliki nama menurut urutan kelahiran yaitu; Wayan atau Putu (anak pertama), Made atau Kadek (anak kedua), Nyoman atau Komang (anak ketiga) dan Ketut (anak keempat).

Seiring perkembangan zaman dimana terjadi pergeseran baik itu dalam bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya maka mempengaruhi kehidupan masyarakat di dunia termasuk di Bali, yang ditandai dengan pergeseran sistem kasta, dimana terjadi perubahan transformasi kekuasaan yang salah satu disebabkan pengaruh dari sistem pemerintahan di Indonesia.

See also:  Warung Internet Tertua di Indonesia

Sumber: Budaya Nama Orang Bali

Related Posts