daftar iklan mgid

5 Contoh Pelatihan Kartu Pra Kerja

Contoh Pelatihan Kartu Pra Kerja

Kartu PraKerja yang beberapa waktu lalu diluncurkan ini ternyata cukup banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Kartu prakerja diluncurkan sebagai salah satu solusi dari Pemerintah dalam menghadapi dampak dari wabah Corona. Harapan besar dari diluncurkannya kartu pra kerja ini tentu bisa membantu dan menampung para prakerja yang terkena PHK maupun elaku UMKM yang kehilangan pendapatannya.

Di dalam program ini sendiri memiliki 8 mitra Kartu Pra Kerja yang di dalamnya menyediakan berbagai pelatihan kepada para peserta. Mitra Kartu Pra Kerja diantaranya adalah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Ruangguru, dan Sekolahmu.

Program dari pemerintah ini akan memberikan bantuan biaya sebesar total Rp 3,5 juta. Dari total tersebut, nantinya uang yang 1 juta akan digunakan sebagai biaya pelatihan karena peserta yang sudah terdaftar diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang sudah disediakan secara online.

See also:  5 Alasan Orang Lebih Suka Belanja ke Supermarket

Sedangkan pelatihan-pelatihan yang disediakan pun juga cukup beragam. Jadi para peserta bebas menentukan pelatihan apa yang akan dipilih dan diikutinya. Di bawah ini Dedi Yudianto dari Bencoolencoffe menyampaikan beberapa pelatihan yang disediakan program tersebut beserta biayanya.

1. Pelatihan Bahasa Inggris Dasar untuk Driver Ojek Online

Pelatihan ini disediakan oleh Pintaria. Pelatihan bahasa Inggris dasar ini dilakukan dalam 7 pertemuan dalam satu bulan dengan lama 4 jam per pertemuan. Pelatihan ini berbiaya sebesar 250.000. Selain pelatihan bahasa Inggris dasar untuk driver ojek online, juga disediakan untuk driver taksi, resepsionis, pramusaji, sampai pegawai hotel.

2. Pelatihan Belajar Bikin Pempek

Pintaria juga menyediakan pelatihan untuk belajar berbisnis pempek. Peserta akan diajari cara membuat pempek yang lezat bersama Chef Alfi. Pelatihan ini berbiaya 600.000 dengan materi yang cukup komplit mulai dari membuat pempek sampai dengan cara menghitung harga jual yang tepat.

See also:  Pengertian Quality Control (Pengendalian Kualitas)

3. Pelatihan Soal CPNS plus Kunci Jawaban

Pelatihan ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menjadi PNS. Di sini para peserta akan diberikan materi soal-soal yang sering muncul ketika Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Pelatihan ini berbiaya 150.000 dengan durasi 1 jam lamanya.

4. Pelatihan Menjahit Masker Anti Corona

Nah, pelatihan ini sangat potensial untuk saat ini. Jika Anda ingin membuka usaha atau memanfaatkan situasi yang sekarang ini, maka pelatihan ini sangat tepat. Anda akan diajarkan bagaimana membuat masker yang baik dan benar. Artinya benar-benar bisa menahan virus agar tidak masuk melalui hidung. Pelatihan ini biayanya adalah 600.000.

See also:  Istilah Yang Pernah Digunakan Untuk Bea dan Cukai

5. Wirausaha Warung Kopi

BencoolenCoffee menawarkan Program Prakerja Pelatihan Usaha Kopi dengan memberikan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian dengan Modal Minim. Dimana Anda bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Itulah beberapa contoh pelatihan yang ada di dalam program Kartu Pra Kerja. Selain daftar di atas itu, masih ada banyak lagi pelatihan-pelatihan yang disediakan di dalam program Kartu Pra Kerja. Bagi Anda yang sudah menjadi peserta, maka Anda bisa memilih sendiri pelatihan mana yang Anda inginkan.

 

Contoh Pelatihan Kartu Pra Kerja

Related Posts