daftar iklan mgid

5 Tips Menghindari Kejahatan di Sekitar Kita

Tips Menghindari Kejahatan

Berbagai tindak kriminal semakin marak akhir-akhir ini. Kejahatan kini sudah tak mengenal waktu dan tempat lagi. Entah itu di perkotaan maupun pedesaan atau saat malam atau pun siang, tingkat kejahatan terus meningkat.

Tak hanya itu, kejahatan juga sudah tak memandang jenis kelamin. Entah Anda seorang perempuan atau lelaki, jika Ada kesempatan maka Anda bisa menjadi korban. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengurangi tingkat kejahatan ini.

5 Tips Menghindari Kejahatan

5 tips singkat dan sederhana berikut juga sangat berguna untuk Anda dalam menghindari kejahatan di lingkungan sekitar kita.

1. Jangan biarkan pikiran Anda kosong.

Mungkin banyak dari Anda yang pernah mendengar jika pelaku kejahatan juga sering menghipnotis korbannya. Mereka dikuasai ketika pikiran mereka sedang kosong atau tidak konsentrasi. Bahkan pelaku kejahatan saat ini bisa melancarkan aksinya hanya melalui telepon.

See also:  Istilah Yang Pernah Digunakan Untuk Bea dan Cukai

2. Pastikan kunci rumah masih dalam kondisi baik

Pastikan pintu atau jendela rumah dilengkapi selot atau kunci yang masih baik, tidak berkarat sehingga mudah dijebol. Bila pintu dan jendela terkunci rapat, maka tentu tidak akan mudah bagi setiap orang masuk ke rumah Anda

3. Kenali tetangga Anda

Inilah gunanya bersosialisasi dengan tetangga. Anda akan tahu masalah apa yang sedang terjadi di lingkungan perumahan Anda, misalnya soal pencurian yang sedang sering terjadi.

Bersosialisasi akan membantu Anda mendapatkan berbagai informasi di sekitar Anda. Bila memang sering terjadi pencurian, jangan ragu melaporkan pada pengembang perumahan.

4. Jangan mempercayai tamu yang tidak dikenal

Anda sering mendengar cerita-cerita tentang seseorang yang mengetuk rumah dan mengatakan diminta kenalan Anda untuk mengambil barang atau membayar sesuatu. Namun, ketika tamu semacam ini datang ke rumah Anda, Anda sedang lengah dan memercayainya begitu saja.

See also:  Konsep Ketauhidan Menurut Ahlussunah wal Jama’ah

Saat ini, tidak sulit bagi seseorang untuk mendapatkan seragam petugas tertentu. Atribut semacam ini menjadi cara yang sempurna untuk memasuki sebuah rumah tanpa dicurigai.

5. Jangan sibuk bermain HP saat sendirian

Mendengarkan musik, bermain game, atau bermain sosial media memang menjadi cara yang asyik untuk membunuh waktu. Namun, ketika Anda melewati kawasan yang rawan kriminalitas, lebih baik tak usah mengeluarkan benda-benda semacam ini dari dalam tas.

Lagi pula, ketika telinga Anda dikuasai oleh suara musik yang ingar-bingar, Anda tak akan bisa mendengarkan langkah atau menangkap gelagat ketika seseorang berusaha mendekati Anda. Selain itu, mendengarkan musik juga akan mengalihkan konsentrasi Anda dari hal-hal yang terjadi di sekitar Anda.

See also:  5 Alasan Orang Lebih Suka Belanja ke Supermarket

 

Tips Menghindari Kejahatan

Related Posts