publisher adsterra

5 Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Sudah banyak yang mendasari mengapa seseorang kesulitan memulai suatu bisnis. Karena kurangnya modal atau adanya ide usaha.

Diluar sana ada pebisnis yang memulai suatu usaha tapi tanpa ada perencanaan dan akhirnya gulung tikar. Tentu kita tidak ingin seperti itu. Faktanya bisnis dengan ide kreatif malah bisa dengan cepat berkembang ketimbang yang hanya meniru kebanyakan bisnis lain.

Apalagi disaat ekonomi sedang kritis harga banyak yang melambung otomatis kita harus bisa menemukan ide kreatif yang bisa mengimbangi kenaikan harga pokok.

Sebenarnya banyak sekali ide ide kreatif yang bisa ditemukan dengan melihat kondisi lingkungan dimana akan dijalankan.

Pada dasarnya seperti bisnis kuliner yang berada dekat universitas dikarenakan mahasiswa yang tidak sempat memasak. Seperti itulah kita harus cermati melihat situasi yang terjadi.

METODE 1: MELAKUKAN PENELITIAN PRODUK DAN BISNIS

Melakukan riset/penelitan pada produk untuk memastikan kita punya “tempat” di pasar. Dengan bantuan Internet kita bisa lebih mudah dan lebih inovatif dalam menemukan bisnis.

See also:  Pasar Besar VS Pasar Bagus

Riset Produk

Hanya dengan mengetik kata kunci anda dengan mudah bisa menemukan aneka produk dan bahkan bisa menambahkan dan meramu bisnis anda lebih inovatif dan baru. Internet pun bisa memastikan apakah sudah orisinil produk yang anda atau sama dengan ditempat lain.

METODE 2: MENGIKUTI JEJAK SUKSES BISNIS LAIN

Bisnis yang sudah mapan pasti memiliki keunggulan dengan anda tahu tentang keunggulannya bisa dipastikan anda membuat usaha yang serupa tetapi memiliki nilai lebih dari bisnis aslinya.

METODE 3: IDE DARI MASALAH PERSONAL

Kadang kala masalah personal dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan diminati contoh “GOJEK”.

Pendiri gojek Nadiem Makarim menemukan ide ini lantaran tukang ojeknya tiap hari menunggu dan harus menemukan calon pelanggan.

See also:  Sustainability & Bisnis: Jalan Kuat Menuju Pertumbuhan

Akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk menciptakan aplikasi yang dapat membuat pelanggan dan tukang ojek bisa saling berkomonikasi.

METODE 4: BELAJAR DARI PROBLEM ORANG LAIN

Menemukan ide dari masalah orang lain dan dijadikan sebagai usaha juga merupakan sarana bisnis yang menguntungkan.

Customer feedback

Untuk tahap ini feedback customer juga harus diperhitungkan karena siapa tahu komplain dan testimoni yang baik bisa memunculkan ide untuk mengembangkan bisnis dan memuaskan customer.

METODE 5: MENGIKUTI TREND YANG SEDANG MARAK

Selanjutnya adalah dengan metode melihat dan mengamati trend yang sedang marak. Trend adalah sesuatu yang sedang diperbincangkan khalayak banyak dan berdasarkan kejadian fakta.

Trend

Contoh kasus trend saat ini adalah maraknya bisnis online sebagai pebisnis kita harus menggunakan kesempatan ini dengan bijak dan kreatif.

See also:  Populerkan Toko Online Anda di Facebook

Prinsipnya menemukan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain! Jika Anda mampu menemukan dan mengelola setiap tahapnya Insya ALLAH anda dapat menemukan ide yang dapat diaplikasikan ke kehidupan tiap hari.

Ingat bisnis yang anda ciptakan juga harus dapat menciptakan solusi masalah itu sendiri. Jika tidak mampu menyelesaikan masalah pada kustomer, produk atau bisnis tidak akan berkembang.

Jika ide anda kreatif dan inovatif bisa dipastikan kegiatan marketing akan mudah dan tidak banyak mengeluarkan biaya.

Seorang profesional bilang bisnis hanya memiliki 2 fungsi inovatif dan marketing. Jika bisnis anda berguna bagi orang lain maka memasarkannya juga akan mudah.

 

5 Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Related Posts